Cara Mudah Menggubah MAC Address di Komputer

MAC Adreess adalah suatu alamat identitas yang dimiliki oleh perangkat jaringan Ethernet Card, Wireless, dan pasti semua jaringan memiliki MAC Adreess dan MAC Addressnya pasti berbeda-beda, MAC Address dibuat oleh produsen perangkat jaringan tersebut, maka dari itu MAC Address Tidak dapat kita ubah begitu saja.

Seperti apa bentuk MAC Address tersebut? lihat gambar di bawah ini.


Gunakan perintah "ipconfig/all" tanpa tanda kutip ya. Lihat gambar di atas inilah tampilan CMD untuk mengecek MAC Address wireless adapter, MAC Address biasanya identik dengan angka yang unik

Cara Mengubah MAC Address

Sesuai dengan judul artikel kali ini, disini kita akan mengubah MAC Address. Kita bisa menggunakan sebuah software yang bernama TMAC (Technitium MAC Address Changer). Cara penggunaanya cukup mudah. Langsung saja simak langkah-langkahnya.

Pertama-tama kita download dan install terlebih dulu TMAC nya, silakan download di sini. TMAC

Setelah selesai di download, silahkan install TMACnya , setelah selesai di install silakan buka TMACnya. maka akan terlihat daftar perangkat jaringan yang terdapat di komputer. seperti gambar di bawah ini.


Disini karena saya menggunakan komputer yang tidak ada terinstal wirelessnya jadi jaringan yang terlihat hanya 1 yaitu jaringan lan yang saya pakai. jadi kalau teman-teman ingin mengubah MAC Address Wireless. pastikan di komputer anda sudah trinstal software wirelessnya, kalau wirelesnya ada maka akan muncul Wireless Network Connection dan liat mac addressnya, lalu di bagian kirinya di kotak kecil itu, jangan lupa di centang,. Lalu klik pada tambol Random MAC Address untuk memilih MAC Address yang tersedia secara acak atau Random. Trakhir klik Change Now. Lihat gambar di bawah ini.


Kalau sudah klik Change Now, sekarang kita cek MAC address, apakah sudah berubah atau belum, cara mengeceknya masuk ke CMD lalu klik ipconfig /all seperti cara di atas. setelah dicek benar-benar berubah, Untuk mengembalikannya  ke MAC Address ke default-nya sangat lah muda, klik Restore Original. Lihat di gambar di bawah ini.



Cara ini sangatlah mudah utnuk dipraktikan . kita bisa mengubah juga bisa mengembalikan MAC Address ke defaultnya, jadi cara ini cukup aman. 

Mungkin ini saya yang bisa saya jelaskan untuk kesempatan kali ini tentang Cara Mudah Menggubah MAC Address di Komputer . Semoga artikel ini bermanpaat bagi teman-teman sekalian, bagi yang ingin memberikan saran atau sekeder ingin berkomentar silakan isikan komentar anda di kolom komentar di bawah ini, terimah kasih.


SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar