6 Tips Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus

Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus

Kali ini saya akan membahas bagai mana cara memilih hardisk eksternal yang bagus, mungkin pertanyaan ini timbul ketika anda sudah capek sana sini mencari inpormasi tentang bagai mana cara memilih hardisk yang bagus, memang dalam memilih hardisk gampang-gampang susah, apa lagi ada paktor keberuntungan dalam kita membeli barang elektonik, namun kita juga tidak mau membeli barang yang tidka bisa diprediksi kita lebih memilih barang yang lebih pasti , ada beberapa cara  yang cukup efektif untuk memperkecil factor kegagalan dalam membeli barang yang bagus.

6 Tips Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus

1. Merk Hardisk Eksternal

Untuk saat ini tidak susah mencari produsen hardisk eksternal yang bagus, ini dari sisi mereknya ya. Setidaknya apa bila anda membeli hardisk eksternal dari merk yang ternama, biasanya barangnya itu bagus ini beberapa merk hardisk , Buffalo, Western Digital, Samsung, Sony, Toshiba, seagate.

2. Kapasitas

Kalau kapasitas ini tergantung dengan kebutuhan anda. Hardisk ekternal biasanya digunakan untuk back-up data. Bukan etorege yang setiap saat anda gunakan untuk memindahkan file seperti flash disk, karena hal ini bisa menyebabkan rentan terkena virus karena terlalu seringnya berpindah-pindah pc atau laptop, hal ini kurang baik bagi kesehatan anda.

3. Kecepatan Rotasi

Langkah selanjutnya yang perlu anda perhatikan dalam membeli hardisk eksternal yaitu kecepatan rotasi dai sebuah piringan hardisk karena hal ini sangat mempengaruhi kecepatan menulis dan membaca data dalam hardisk itu sendiri. Sebuah hardisk yang berputar dengan kecepatan 7200 rpm akan menimbulkan perporma yang jauh lebih baik dari pada  hardisk yang kecepatan Tanya 5400 rpm. Bahkan saat ini sudah ada hardisk yang mampu berputar pada kecepatan mencapai 10.000 rpm.

Baca Juga : Jenis - Jenis Hardisk

4. Konektivitas

Coba anda lihat port USB laptop anda apakah dalamnya berwarna biru, jika iya berarti laptop anda sudha punya port USB 3.0. hal ini harus anda manfaatkan, jadi anda harus pertimbangkan untuk membeli hardisk eksternal yang mendukung koneksi USB 3.0. karena dengan ini anda akan mendapatkan kecepatan transper sampai 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan hardisk eksternal yang hanya mendukung port USB 2.0 , apa bila anda sering memindahkan file yang berukuran besar anda akan menyukuri keputasan anda ini, walaupun harganya sedikit lebih mahal.

5. Bentuk dan Casing

Tidak seperti tahun – tahun lalu , sekarang ini hardisk eksternal juga berusaha tampil lebih cantik dan manis, bahkan beberapa orang mudah tertaik cuman hanya melihat warnanya saja, jadi sejelek apapun bentuk kesingnya dia tidak perduli, dia akan tetap membeli hardisk eksternal tersebut dengan warna kesukaanya. Hal ini bisa berbahaya, jadi anda harus pilih casing yang bagai mana. Yang jelas casing hardisk eksternal itu harus, kokoh, jika casing berbahan plastic maka usahakan bahan plastiknya yang bagus, yang terpenting mempunyai tata bangun yang bisa meminimalkan efek benturan keras, kalau bisa tidak licin dipengang , kalau memang berbahan licin anda harus membeli sleeve yang bagus.

6. Fitur 

Hal terakhir adalah hal yang harus sangat anda perhatikan  ketika anda ingin membeli sebuah hardisk eksternal yaitu fitur didalam hardisk eksternal itu sendiri, ini beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah hardisk adalah backup dan juga passward protection, ada juga beberapa fitur lain yang terdapat di hardisk eksternal yang tentunya dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Bagai mana ? apakah anda sudah siap untuk membeli sebuah hardisk  ekternal yang bagus, semoga tips diatas tidak semangkin membuat anda bingung dalam memilih sebuah hardisk eksternal yang bagus. 

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan tentang 6 Tips Cara Memilih Hardisk yang bagus, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, dan juga bisa menambah wawasan anda tentang hardisk ekternal, jangan lupa bagikan artikel ini jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Terimahkasih.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar