Jangan Perna Lakukan 7 Hal Ini Pada Komputer Anda Kalau Tidak Mau Menyesal


1. Tidak Membersihkannya
Kita harus sesering mungkin membersihkan sirkulasi udahra yang terhalang di dalam computer. Jika anda abaikan masalah ini maka akan dapat mengganggu kinerja dan mengurangi kemampuan komponen didalam computer anda. Debu dan kotoran bisa sangat cepat sekali terbentuk kecuali anda rutin membersihkannya.

Debu yang menempel dalam waktu lama dalam computer anda akan menyebabkan panas yang berlebihan, mengurangi performa hardware, yang lebih parahnya lagi kerusakan permanen pada komponen computer anda.  Buat lah jadwal untuk membersihkan  computer anda secara rutin, dan jangan lupa membersihkan keyboard dari kotoran.

2. Membersihkan Layar Monitor Dengan Cairan Pembersih
Jangan sekali-kali menyemprotkan cairan apapun di layar monitor. Jika ingin membersihkannya anda bisa menggunakan kain yang lembut yang kering atau lembab. Boleh ada cairan pada kain tapi usahakan jangan sampek cairan itu menetes kesela monitor. Bersihkan juga perangkat lain seperti mose dengan cara yang sama.

3. Menutup CD Drive Dengan Cara Didorong
Bagaimana cara anda membuka CD Drive? Apakah dengan mencongkelnya, pastinya dengan menekan tombol untuk membukanya.  Tapi kenapa kenapa kebanyakan orang menutup CD Drive dengan cara mendorongnya.  Cara jadul ini jangan lagi anda pakai karena dengan cara seperti itu CD Drive bisa patah. Sebaiknya gunakan gunakan tombol juga untuk menutupnya seperti saat anda membukanya.

4. Mematikan PC Tanpa di Shutdown
Mematikan computer atau laptop  tanpa di shutdown dapat langsung memutuskan aliran listrik dari seluruh hardware.  Maka sebab itu, bisa menyebabkan kerusakan komponen. Walaupun computer sekarang sudah dibekali teknologi ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) tapi hasus tetap saja kita melakukan prosedur untuk mematikan computer secra hati – hati ACPI adalah merupakan teknologi yang berperan terhadap fitur sleep dan hibernate pada system computer.

5. Menginstal Driver dan Software Tanpa Melakukan Restart Sesudahnya
Mikrosoft telah mengetahui kesalahan yang sering dilakukan oleh penggunanya, yaitu terlalu malas merestart setelah melakukan beberapa pekerjaan. Oleh dari pada itu pada windows 8 secara otomatis akan melakukan restart ketika selesai melakukan pembaruan. Apa lagi sekarang windows 10 juga akan secara otomatis restart setelah memperbarui produk dari Adobe, menutup tab di crome, dan setelah membuka Steam.


6. Melepas Flashdisk Dengan Cara Langsung Mencabutnya
Mungkin anda sering melepas flash disk dengan cara langsung mencabutnya tanpa melakukan proses eject terlebih dahulu di windows. 

Namun apa hal itu berbahasya?

Umumnya kita disarankan untuk melakukan eject terlebih dahulu sebelum mencabut flas disk, karena hal ini bisa merusak flas disk sekaligus isi didalamnya. Mengapa begitu? Karena file- fileyang seharusnya bisa dibaca oleh system windows akan berubah menjadi file RAW yang tidak lagi bisa dikenali oleh windows.  Oleh karena itu kita sering melihat kasus yang mana system windows meminta untuk terus menerus melakukan format flas disk.

7. Yang terakhir adalah Mencampurkan Semua Jenis File
Apakah anda masih melakukan kebiasaan buruk ini,  iyalah mencampurkan semua jenis file menjadi satu. Maupun itu file gambar, dokumen, video, music dan lainnya. Kalau semua file itu dijadikan satu maka kita akan kebingungan mencarinya saat kita membutuhkanya, terlebih lagi file-file tersebut sudah lama menumpuk sehingga dapat memberatkan hard disk jika dibiyarkan terus terusan.

Jadi mulai sekarang hentikan semua kebiasaan buruk anda. Anda perlu menyortir semua file-file anda menjadi beberapa folder yang terbisah sesuai jenisnya.  Cara ini akan sangat membantu anda saat mencari file tersebut.

Demikian yang bisa saya jelaskan tentang Jangan Perna Lakukan 7 Hal Ini Pada Komputer Anda Kalau Tidak Mau Menyesal, semoga para pembaca bisa tobat. Dan jangan melakukan hal buruk ini lagi, dan semoga artikel ini bermanfaat. Terimah kasih.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar