Cara Bisnis Online Tanpa Modal


Dengan seiringnya waktu dan berkembang pesatnya pengguna internet membuat pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, dengan demikian perkembangan bisnis di Indonesia juga mengalami peningkatan yang sangat sipnipikan.  Pertumbuhan bisnis yang sangat mencolok terdapat di bidang bisnis online.

Selain dari bidang ecommerce (jual beli via internet), bisnis online juga mengalami pertumbuhan yang sangat pesat terlebih dibidang teknologi informasi (TI). Media informasi yang sebelumnya melalui Koran konvensiaonal lain halnya dengan sekarang, sekarang media informasi menjadi Koran online seperti : Tempo.co, Detik..com, TribunNew.com, Republika.co.id, Kompas.com dan lainya.  Bisnis internet dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki skill dibidang tertentu untuk menghasilkan uang dari skill tersebut.

Anda pasti sudah sering melihat sebuah bisnis offline yang kemudian memasarkan produknya secara online untuk meningkatkan penjualan ataupun untuk meningkatkan brand agar lebih terkenal.  Singkat cerita ada berbagai peluang bisnis online terbaik saat ini terbuka sangat luas dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin berbisnis.

Siapa Saja Yang Bisa Menjalankan Bisnis Online

Bisnis online adalah suatu bisnis yang hanya bisa dijalankan apa bila anda terkoneksi dengan internet, jadi setiap orang yang memiliki koneksi internet dan perangkat computer/ mobile tentu saja bisa menjalankan bisnis online. Target pasarpun tidak terbatas karena kita bisa menjual produk anda kemana saja baik lakal maupun go internasional.

Bisnis Online bisa dijalankan oleh siapa saja, bahkan mereka yang tidak tau bisnis online bisa belajar berbisnis online. 

Mungkin anda bertanya-tanya, apa bisnis online terbaik dan terpercaya untuk anda geluti dalam jangka panjang. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan tentang bisnis online, berikut ini adalah beberapa peluang bisnis yang bisa anda jalankan walaupun tanpa modal besar, yang lebih asiknya bisnis ini bisa dijalankan di rumah.

1. Bisnis Online Dengan Menjual Produl Orang Lain.

Menurut saya bisnis yang satu ini adalah jenis bisnis online yang paling menguntungkan saat ini. Karena konsumen di Indonesia sudah banyak yang beralih ke online, dan menjalankan bisnis online sendiri tidak perlu mengeluarkan modal besar lo. Bahkan nyaris tanpa modal.

Keuntungan dari menjual produk orang lain  (reseller/ dropshiper/ affiliate) disini kita tidak perlu pusing – pusing memikirkan pengadaan barang yang akan dijual , memikirkan paking barang, dan memikirkan jasa pengiriman yang akan di pakai. ada bayak sekali toko yang menawarkan jasa ini. Tentunya kita juga perlu mempelajari riwayat toko tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan anda bekerjasama dengan orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

Toko online yang membuka layanan reseller dan dropship biasanya bersedia mengirimkan baran gkepada pembeli dimana dalam kemasan barang tersebut nama toko online kita yang dicantumkan, sehingga seakan akan kita langsung yang mengirimkan barang tersebut, jadi pembeli tidak tau kalau barang itu bukan kita yang mengirimkan, oleh karena itu kita tidak akan kehilangan pelanggan yang telah membeli produk dari kita. Barang yang dijual dengan cara reseller atau dropship biasanya barang yang berbentuk pisik , selain barang yang berbentuk pisik  kita juga bisa menjual barang yang berbentuk digital seperti ebuk, video, dan membership.  Progam ini biasaya di sebut dengan affiliasi dimana kita mendapatkan komisi sekian persen dari total harga produk digital yang mampu kita jual melalui link affiliasi kita.

Anda bisa menebukan berbagai jenis produk yang bisa anda jual di situs marketplace berikut ini.

Ratakan.com (jual produk digital / affiliate)
Idaff.com (jual produk digital /affiliate)
Supplier.id (jual produk pisik /dropship)
Cakning.com (jual produk pisik /dropship)
Tokopedia.com (jual produk pisik /dropship)
Bukalapak.com (jual produk pisik /dropship)

2. Bisnis Online Menjual Jasa Menulis / Membuat Konten Website

Mejual konten adalah salah satu jenis bisnis online yang paling laris di Indonesia saat ini. Mengapa, karena sudah banyak kita jumpai media blog/ website bermunculan dan membutuhkan penulis konten atau artikel untuk mengisi blog / website tersebut.

Konten website bisa berbentuk teks , gambar, dan video, namun dari kebanyakan kontern dari blog atau website kebanyakan menggunakan teks atau artikel .  Jika anda ataupun orang disekitar anda bisa menulis suatu artikel , membuat dan mengedit video, gambar, maka pelung bisnis online ini cocok anda jalankan.

Selain konten dalam bentuk teks, konten video, logo dan gambar juga bayak yang membutuhkan, salah satu konten video dan gambar yang sering dicari adalah membaut video marketing dan juga gamabr logo yang berhubungan dengan bisnis online yang akan di pasarkan.
Ada banyak pemilik website atau pemilik bisnis yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki skill yang cukup baik dalam membuat konten, logo dan video, untuk website mereka, jika anda ingin serius membangun bisnis jasa menulis artikel website , mereka inilah target market yang cocok untuk anda.

Cara Bisnis Online Tanpa Modal


Tidak bisa menulis artikel atau konten merekalah jalan keluarnya.

Sribulance.com
Projects.co.id
Srbu.com

3. Bisnis Online Menjual Jasa Pembuatan Website / Blog

Bisnis yang satu ini sangat cocok bagi orang yang memiliki kemampuan dalam membuat suatu website dan blog. Anda tidak perlu memiliki kemampuan yang sangat hebat dan menyusun kode-kode website dari nol karena sebenarnya ada banyak cara yang cukup mudah untuk membangun sebuah website / blog yang bagus.

Salah satunya yang sangat mudah dipelajari dan diterapkan dalam membangun sebuah website atau blog adalah Wordpress. Pada wordpress , ada banyak themes atau template yang siap dipakai dan unik,  ada yang gratik dan ada juga yang berbayar dengan tampilan yang professional.

Pada awalnya anda mungkin merasa kurang mampu menjalankan bisnis ini, namun apa bila anda sudah terbiasa membuat sebuah blog atau website yang mumpuni, tentu calon pembeli anda tidak akan berpikir lama untuk menyewa jasa anda, yang perlu anda perhatikan sebelum menjual jasa ini,  sebaiknya anda sendiri juga harus memiliki website bisnis dengan tampilan yang meyakinkan.

Bagai mana menemukan calon client anda, anda bisa menemukan mereka semua disitus marketplace berikut ini.

Seribulancer.com
Projects.co.id

Agar anda bisa menjalankan bisnis ini dengan baik tentunya anda perlu memiliki rekan penyedia layanan domain dan hosting yang terbaik.  Untuk itu saya saran kan Niagahoste.
Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan tentang Cara Bisnis Online Tanpa Modal, Semoga artikel ini dapat menginpirasi anda dan pastinya bermanfaat juga. Jangan lupa berikan komentar dan saran anda dikolom komentar dibawah ini.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar