Tips dan Trik Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Sekali Klik

Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Sekali Klik

Pada kesempatan kali ini saya akan membawahas tentang Tips dan Trik Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Sekali Klik, artikel ini buat untuk anda yang sering menggunakan banyak aplikasi dalam berkerja atau kegiatan sehari hari ? apakah anda harus mengklik satu persatu unuk membuka aplikasi yang anda miliki? Apa bila anda merasa jenuh melakukan hal ini , saya rasa harus ada perubahan, karena itu saya akan mencoba menawarkan salah satu fitur lama windows yang mungkin saja sudah anda lupakan, yaitu Batch.

Apa Itu Batch ?


Batch adalah sebuah script dari windows, yang berisi berbagai perintah yang akan dieksekusi pada commend line. Secara umum, dalam script ini biasanya bisa diterapkan secara langsung pada commen prompt (CMD) pada computer anda. Tetapi tidak semuanya sama, karena itu anda bisa menambahkan beberapa fungsi operasi dan logic dalam file ini. Contohnya fungsi  looping (for), percabangan (if - else) dan lainnya. Fungsi sebenarnya dari fitur ini adalah tidak lain agar anda bisa lebih mudah melakukan perkerjaan anda yang berulang ulang secara otomatis. Misalnya pengecekan jaringan internet atau untuk memanggil aplikasi yang sering anda buka setiap harinya. Batch pada windows dapat diketahui dari beberapa eksistensinya , yaitu:

.bat, file eksistensi ini bisa berjalan pada semua versi windows , dimana nantinya file tersebut akan dijalankan pada command prompt windows.

.cmd,  sama seperti file bat.  Namun terdapat perbedaan, yang terletak pada beberapa windows versi lama tidak bisa membaca file ini.

.btm, kalau yang terakhir ini penggunaannya terbatas hanya pada lingkungan windows server saja.

Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara melakukan pemanggialn beberapa aplikasi lewat batch file. Karena menurut saya hal ini dapat mengefektifkan waktu anda dari pada harus melakukan beberapa klik ketika anda ingin membuka aplikasi tertentu.

Membuat Batch File


Ada harus membaut batch filenya untuk melakukan pemanggilan aplikasi yang ada di computer atau laptop anda. Untuk membuat file batch anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi lain,  cukup menggunakan notepad ataupun wordpad yang ada pada windows milik anda.


@echo off

cd "C:\Program Files\Sublime Text 2"

start sublime_text.exe

cd "C:\Program Files (x86)\Steam"

start Steam.exe

exit

Pada script diatas saya melakukan otomatisasi pada aplikasi Steam dan Sublime Text. Anda bisa melakukan otomatisasi pada aplikasi lain sesuai dengan kebutuhan anda. Jika script tersebut sudah siap anda tulis, simpanlah file tersebut dengan format  namafile.bat (anda bisa menyebuikannya dengan nama yang anda inginkan). Dari script di atas akan saya jelaskan keterangannya.


@echo off


@echo off digunakan untuk menampilkan windows command prompt ketika perintah dijalankan.

cd “C:\Program File (x86) \Steam”


cd “C:\Program File (x86) \Steam” adalah perintah yang dilakukan untuk melakukan perpindahan direktori. Untuk pemanggilan aplikasi lain. Anda harus mengubah direktori dimana apilikasi tersebut di install.

Baca Juga : Tips dan Trik Bios Tidak Bisa Dibuka


start Steam.exe


start Steam.exe. merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan pemanggilan aplikasi berdasarkan direktori yang ada pada perintah sebelumnya .

exit.


Perintah diakhiri lalu keluar.

Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan tentang Tips dan Trik Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Sekali Klik, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, dan bisa menambah wawasan anda tentang computer, jangan lupa bagikan artikel ini apa bila anda merasa artikel ini bermanfaat . dan jangan lupa pula berikan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini , terimahkasih.





SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar