Jenis Jenis Hardisk


Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan data yang terdapat pada computer yang terdiri dari kumpulan piring magnetis keras dan berputar, dan komponen – komponen lainnya.
Berikut adalah Jenis – Jenis hardisk

1. Hardisk ATA / EIDE

Hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) atau lebih kita kenal dengan tipe ATA (Advanced Teknologi Attachment)merupakan standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesui dengan koneksi bus.

banyak  produsen disk mempunyai rentang disk dengan antar muka EIDE/ ATA, disk seperti ini bisa dihubungkan langsung ke bus PCI,  yang banyak digunakan oleh banyak computer.

Keuntungan drive EIDE / ATA adalah harganya yang cukup murah, dikarenakan penggunaannya dipasaran PC. Salah satu keunggulan utama dari hard disk ini adalah diperlukan kontroler terpisah untuk setiap drive jika dua drive digunakan bersamaan untuk meningkatkan perporma computer anda.
Salah satu produsan chip terkenal sudah menyertakan kontroler yang memungkin kan disk EIDE / ATA dapat dihubungkan langsung ke motherboard.

2. Hardisk SCSI

Banyak Hard Disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk seperti ini cenderung lebih mahal, namun mempunyai perporma yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelihan bus SCSI dari pada bus PCI.

proses dapat dilakukan bersamaan ke beberapa disk drive sekali gus karena antar muka drive secara aktif dibungkan langsung  ke bus SCSI hanya pasa saat drive tersebut siap untuk transper data.

Hal ini terutama berguna dalam aplikasi dimana terdapat semumlah besar reques utnuk file yang kecil, yang sering terjadi pada computer yang digunakan sebagai file server.

3. Hrdisk Raid

Hrdisk Raid menawarkan perporma yang luar biasa dan media penyimpanan yang sangat besar dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam computer performa tinggi atau dalam system yang memerlukan keadaan yang lebih tinggi dari tikat normal, akan tetapi, dengan semngakin menurunnya harga ke tinggat lebih murah, hard disk Hrdisk Raid menjadi lebih menarik bahkan untuk system computer dengan ukuran rata –rata.

4. Hardisk SATA

Hardisk SATA merupakan interface dari disk ATA dengan versi serialnya memungkinkan kabel tipis yang memiliki total kebel kecil sekitar dua pertiga dari kabel hard disk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pains dan SATA memiliki kecepatan pengiriman data sangat baik serta mengurangi latensi. Sehingga bus seperti ini dapat melibihi kecepatan bus parallel.

Hardisk SATA dapat mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabel dan juga secra teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya system master ataupun slave, sehingga  kabel SATA hanya dapat digunanakan pada stu hard disk.

Tipe Hard disk yang telah dibahas ini , semuanya termasuk dalam kategori internal hard disk, artinya yang diinstall di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk . jadi bisa dipindah pindahkan dari computer satu ke komputer yang lain.

Eksternal disk memiliki kecepatan  7200 rpm, pemasangannya sangat la mudah, anda tidak perlu memborkar PC atau computer anda cukup dengan menghubungkan port USB anda ke PC atau computer anda bisa langsung mentransper data 480 Mbps.

5. Hardisk SSD

Seperti yang kita ketahui bahwa hardisk yang selama ini kita gunakan sebagai media penyimpanan masi mempunyai bagian mekanik dialamnya, sedangkan media SSD sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori computer , bila anda perhatiakn bahwa media seperti USB drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak.

Intel menggandeng pabrikan asal Taiwan yaitu Kingston utnuk memasarkan SSD intel sehingga kehadiran  kedua nama tersebut menjadi pasar SSD semangkin bertambah.

Sandisk, Samsung, Imation, Toshiba, dan bahkan Seagate pun akan merambah juga kepasa SSD ini. Merupakan SSD yang tak asing lagi bagi kita.

Memang kedepannya media penyimpanan akan lebih mengarah ke SSd dikarenakan memiliki banyak kelebihan dibandingkan media penyimpanan saat ini.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar