Tips Penguat Sinyal WiFi Android & Laptop

 Penguat Sinyal WiFi

Tips Penguat Sinyal WiFi dirumah anda yang biasa menggunakan Smartphone Android atau Laptop, untuk berselanjar di dunia internet. Ada beberapa cara untuk menguatkan sinyal wifi dan saya akan menjelaskan tips dan triknya semoga bisa membantu anda semua para pengguna WiFi.
Pada umumnya kecepatan internet tergantung pada layanan yang anda gunakan, kali ini saya akan memberikan tips dan trik supaya sinyal WiFi satabil pada perangkat yang anda gunakan untuk internetan.

Tips Penguat Sinyal WiFi


1. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru


Untuk saat ini tersedia 4 jenis teknologi wireless yaitu A, B, G, dan N. teknologi A, B, dan G adalah teknologi yang lama dan memiliki kecepatan yang lambat, Sedangkan teknologi yang N merupakan teknologi yang baru dan tercepat dalam hal kecepatan , sebab itu , selalu gunakan teknologi yang N , untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Rubah Modem atau Router Lama menjadi WiFi Repeater


Kebanyakan modem wifi memiliki fitur sebagai router. Untuk merubah modem menjadi repater biasanya sama saja yaitu dengan mengetikan Ip modem contohnya 192.168.100.1, setelah itu masukan password modem anda  dan biasanya pengaturan untuk merubah WiFi Rauter menjadi WiFi Repeater ada pada menu access point.

3. Cari Posisi Yang Tepat


Kenapa kita mencari posisi yang tepat Karena sinyal wifi  seperti setan atau makluk halus yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia, namun sinyal wifi tersebut bisa terhalang jika banyak tembok  di sekitar router-nya, jadi saran saya carilah tempat yang bebas dari penghalang atau tempat yang terbuka, agar anda dapat berselancar didunia internet dengan nyaman.

4. Matikan Modem Secara Teratur


Apa bila modem terlalu lama dalam keadaan menyala, ini berarti arus listrik yang mengalir pada komponen modem berlangsung terus menerus, hal ini bisa menyebabkan suhu pada modem meningkat. Hal ini bisa menyebabkan noise pada sinyal yang dihasilkan oleh modem anda, berikanlah waktu istirahat pada modem anda. Jangan disuru lembur terus.

Baca Juga : Cara Mudah Mengubah Mac Address Di Komputer

5. Perbaiki Sistem Keamanan pada modem anda


Apakah anda perna mengalami hal ini anda menggunakan paket internet yang cepat, namun hasilnya  saat digunakan masih tetap saja lambat untuk mengakses internet, ada kemungkinan orang lain juga sedang memakai sinyal wifi yang anda pakai tanpa sepengetahuan anda, untuk mencegah hal ini ubah lah passward wifi anda gunakan passward yang tidak ada sangkut paudnya dengan jati diri anda maupun keluarga anda dan gunakan tanda unik seperti * ( > - _ , agar semangkin mantap. Karena saya juga menerapkan hal yang serupa.

6. Jauhkan dari Perangkat Elektronik


Mengapa harus menjaukan modem dari perangkat elektronik karena peralatan elektronik pada umumnya memiliki glombang elektromagnetik, seperti microwave bisa mengganggu kekuatan sinyal yang dihasilkan oleh modem anda.

7. Kontrol Bandwidth


Apa bila modem yang anda gunakan tidak hanya anda yang memakainya, saya sarankan untuk membagi Bandwidthnya agar bandwidth yang anda gunakan tidak mengalami kebocoran yang mengakibatkan lambat dan lemot saat digunakan.

8. Upgrade Perangkat WiFi Anda


Karena teknologi saat ini sudah mengalami beberapa perubahan , karena munculnya versi baru dari WiFi , apa bila anda mengUpdrade perangkat wifi anda tentunya akan meningkatkan kenyamanan anda dalam menggunakan WiFi.

Tips Penguat Sinyal WiFi Android


Pada umumnya perangkat android juga bisa melakukan trik dengan bantuan software dan anda bisa merubah pengaturan pada perangkat android anda,  berikut ini Tips Penguat Sinyal WiFi Android.

Yang pertama dengan cara Merubah pengaturan Frekuensi WiFi Pada Android Anda Menjadi 5 GHz karena pada android keluaran yang lama , biasanya Frekuensi WiFinya cuman 2.4 GHz, tapi saat ini sudah banyak perangkat android yang mampu menerima sinyap pada Frekuensi yang lebih tinggi mencapai 5 GHz, itu artinya spectrum sinyal yang ditransmisikan akan lebih beragam. Pastikan juga modem yang anda pakai menggunakan frekuensi yang setara .

Cara yang kedua melihat statistic sinyal wifi untuk menentukan spot yang terbaik saat anda terkoneksi dengan wifi, kalian bisa menggunakan apalikasi yang banyak dijumpai di google tentunya gratis, karena dengan hal ini anda dapat melihat kekuatan sinyal pada titik tertentu. Dari pada pusing – pusing ini nama aplikasinya WiFi Signal Strength. Selamat mencoba.

Yang nomor tida ini juga tidak kalah pentingnya untuk memperkuat sinyal wifi anda yaitu pastikan Firmware android anda menggunakan versi yang terbaru. Karena Android bekerja layaknya seperti sebuah Komputer, untuk menjalankan subuah hardware dibutuhkan yang namanya software atau driver agar konfigurasi berjalan dengan lancar, oleh sebab itu  sangat penting untuk memastikan firmware android anda berada pasa posisi baru untuk mendapatkan kinerja hardware yang maksimal.

Yang terakhir dan yang takkalah penting adalah Casing HP Android anda, tidak ada salahnya ada lakukan percobaan dengan speedtest.net, yang perlu anda lakukan adalah percobaan pertama anda lakukan dengan menggunakan Casing dan percobaan yang kedua lakukan dengan tidak menggunakan Casing dan lihat perbedaannya, apakah lebih baik apa semangkin buruk hehehe,.

Tips Penguat Sinyal WiFi Pada Laptop


Pada laptop biasanya sudah dilengkapi dengan adapter wireless anboard, tentunya ini memerlukan perhatian kusus demi untuk mendapatkan sinyal wifi yang baik, ini beberapa tips penguat sinyal wifi pada laptop.

a. Lakukan update Driver Wireless Network Pada Laptop Anda.


Cara untuk mengetahui hardware wifi yang digunakan di laptop anda, bisa dengan cara  membuka device manager pada properties  my computer, kemudian lihatlah bagian Network Adapters,  biasanya disitu ada mengandung kata Wireless, lalu update atau bisa dengan cara mencaria hardware driver melalui official website produsennya.

b. Menggunakan External Wifi Receiver


External wifi receiver sudah banyak dijual ditoko – toko perlengkapan computer dan biasanya anda akan mendapatkan kebel pendukung yang akan memudahkan anda untuk mendapatkan sinyal yang maksimal.

c. Yang terakhir pastikan hardware laptop anda bekerja dengan maksimal


Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala pada wardware laptop anda, yang perlu diperhatikan adalah sirkulasi udara  dan listriknya berjalan dengan semestinya atau tidak, apa bila listrik yang mengalir ke hardware penerima sinyal wifi  tidak mendapatkan asupan listrik yang baik, maka otomatis kinerja laptop andapun akan menurun bahkan bisa jadi sebentar lagi wifi adaptor anda akan mengalami kerusakan yang patal.

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan tentang Tips Penguat Sinyal WiFi Android & Laptop, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan dapat memberikan wawasan baru , bagikan artikel ini pada teman anda apa bila anda merasa artikel ini bermanfaat. Terimah kasih.



SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar