Cara Mengatasi Monitor Komputer Tidak Menyala

Monitor Komputer Tidak Menyala

Penyebab Monitor Komputer tidak menyala hal ini sering terjadi berkaitan dengan hardware computer yang mengalami kerusakan maupun kurang pas waktu pemasangannya. Permasalahan Monitor Komputer tidak menyala cukup sering dialami oleh pengguna computer, mungkin saja anda salah satunya, oleh karena itu anda harus bisa mendeteksi penyebab monitor computer tidak menyala dengan melakukan beberapa tes sebelum anda memutuskan untuk membawa computer anda ketukang service, tentunya hal ini akan menghemat uang anda, jika anda bisa memperbaiki kerusakan computer yang sudah diketahui penyebab kerusakan tersebut.

Cara Mengatasi Monitor Komputer Tidak Menyala

Berikut ini beberapa penyebab monitor computer tidak menyala dan cara memperbaikinya.

1. Yang pertama kali pastikan kabel listrik dari CPU atau power supply ke monitor telah terpasang dengan baik dan benar yang pastinya kencang tidak kendur.

2. Yang ke dua pastikan juga kabel penghubung CPU ke monitor computer terhubung dengan baik, dan pastikan juga kabelnya tidak dalam keadaan rusak. 

3. Penyebab lain monitor computer tidak menyala biasanya disebabkan oleh RAM yang rusak atau kotor, untuk memastikannya lepaskan RAM lalu bersihkan RAM, setelah dibersihkan lalu pasang kemabali, apa bila tetap juga belum menyala lepaskan kembali RAMnya dan pindahkan ke slot yang lain, kalau belum menyala juga, coba beberapa kali, karena biasanya harus berulang ulang baru bisa menyala. Itu menurut pengalaman saya.

baca juga : Cara Mengatasi Komputer Tiba - Tiba Mati (Tidak Mau Menyala Lagi)

4. Kalau belum menyala juga periksa power supplynya apa power supply dalam keadaan baik atau tidak rusak, anda bisa memindahkan power supply dengan computer lain agar lebih memastikannya.

5. Tetap tidak mau menyala juga, periksa VGAnya, lepaskan VGA dan hidupkan komputernya, kalau menyala berarti masalahnya di VGA, kalau masalahnya di VGA bersikan VGAnya dari debu dan daki yang menempel. Terutama kuningannya. Kalau sudah dibersihkan cobak pasang kembali, dan hidupkan kembali computer anda. Kalau setelah dipasang VGA monitor computer tidak menyala lagi berarti VGAnya mintak lem biru, lembar ganti baru.

6. Penyebab lain yang sering terjadi adalah pemasangan komponen computer yang tidak pas atau tidak cocok intinya periksalah satu persatu pastikan semua komponen terpasang dengan baik.

Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan tentang Cara Mengatasi Monitor Komputer Tidak Menyala, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman – teman sekalian dan pastinya bisa memberikan wawasan baru tentang computer bagi teman – teman, bagikan artikel ini jika teman – teman merasa artikel ini bermanfaat. Terimahkasih. 

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar