Tips dan Trik Cara Mengatasi Tidak Mau Booting Melalui CD ROM


Kali ini kita akan membahas tentang Tisp dan Trik Cara Mengatasi Tidak mau Booting Melalui CD ROM Mungkin anda perna mengalami hal seperti ini , saat kita mau install ulang system operasi namun saat melalukan booting dari CD ROM. Adapun beberapa tahap untuk mengetahui kenapa hal ini terjadi tahapan yang pertama.

Tips dan Trik Cara Mengatasi Tidak Mau Booting Melalui CD ROM


1. Periksa terlebih dahulu bahwa CD ROM benar-benar terdeteksi oleh bios anda bisa melihatnya pada tampilan bios, apa bila CD ROM tidak terdeteksi maka yang perlu diperhatikan adalah apakah CD ROM yang anda gunakan dalam kondiri baik atau tidak rusak, Setelah memastikan CD ROM dalam kondiri bagus, yang perlu anda perhatikan lagi adalah kabel data pada DC ROM periksa kabel data apakah dalam keadan baik dan tidak rusak, kalau sudah diperiksa coba lakukan  booting jika CD ROM terdeteksi namun tetap tidak mau booting maka gunakan langkah yang kedua.

2. Pastikan Kembali bahwa anda meletakkan Booting pertama adalah CD ROM.
Untuk melalukan semua ini anda perlu masuk ke bios, caranya restart computer anda lalu tekan tombol Delete, F1, F2 atau F10 , anda pasti bertanya – Tanya kenapa tombol yang harus di pencet banyak kali, tombol yang di pencet tergantung pada pada jenis motherboard yang anda gunakan, kalau anda tidak tau merek motherboard yang anda gunakan , saran saya coba saja satu persatu.

Setelah masuk kedalam menu Boot, carilah menu First Boot  lalu pastiakn CD ROM berada pada posisi paling atas. . Setelah selesai simpan perubahan yang dilakukan dengan menekan tombol F10 lalu Ok. Maka computer akan melakukan restart secara otomatis. 

3. Apabila langkah di atas telah dilakukan namun tetap saja tidak mau booting melalui CD ROM, anda perlu perhatikan apakah CD ROM yang anda gunakan adalah CD bootable ( CD yang dapat booting melalui CD/DVD ROM), yang panling penting adalah pastikan kembali CD ROM yang anda gunakan benar-benar dalam komdiri baik tidak banyak goresan di permukaan CDnya. Dan yang terakhir yang perlu anda perhatikan adalah pastikan Driver OSnya tidak corrupt.



Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan  tentang Tips dan Trik Cara Mengatasi Tidak Mau Booting Melalui CD ROM. Semoga artikel ini dapat membatu permasalahan yang anda alami, berikan saran dan komentar anda di kolom komentar di bawah ini. 
SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar