Cara Mengatasi Komputer Tiba – Tiba mati (Tidak Mau Menyala Lagi)

Cara Mengatasi Komputer Tiba – Tiba mati (Tidak Mau Menyala Lagi)

Komputer yang tiba –tiba mati dan tidak mau menyala sama sekali dan terkadang hanya sampai tampilan awal kemudian berhenti atau heng. Untuk menyelesaikan masalah computer tersebut , ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, sesuai dengan permasalahan yang telah dihadapi.
Komputer yang tiba – tiba mati atau hang sebelum masuk ke system operasi bisa disebabkan oleh bermacam – macam, ini beberapa tips dari saya yang perna saya praktekakan dan yang terpenting cara ini selalu berhasil, pilih yang sesui dengan permasalahan yang anda hadapi.

Cara Mengatasi Komputer Tiba – Tiba mati (Tidak Mau Menyala Lagi)

Cek kabel , mulai dari kabel yang masuk ke UPS / Stabillizer, kabel power ke monitor, kabel monitor ke CPU , pastikan semua kababel terpasang dengan benar, dan pastikan pula semua kabel dalam keadaan baik tidak rusak.

Apa bila cara di atas tidak bisa coba matikan computer anda dan kemudian reset bios di motherboard. 

Setelah bios direset dan masih tidak menyala juga coba lepaskan baterai CMOS yang ada dimotherboard diamkan sekitar 3 mnit kemudian  baca doa lalu pasang lagi, dan nyalakan computer anda. 

jika kipas processor / VGA berputar, tetapi computer masih tetap tidak mau menyalah, kemungkinan ada yang tidak beres dengan bios anda atau memang modtherboard memang benar – benar rusak. Bisa jadi bios anda perlu di update., tapi sebelum di update computer harus bisa menyala masuk ke bios terlebih dahulu.

Coba lepaskan kabel hardisk, CD ROM, Dlaoppy, lepaskan juga memori computer atau RAM bersihkan RAMnya. Kemudian pasang kembali , kalau belum bisa pindahkan keslot yang lain lakukan beberapa kali sampai ada tanda tanda kehidupan.

Apa bila CPU sudah bekerja, hardisk berputar lampu led cpu idup, tapi monitor tidak ada tampilan apa – apa maka kemungkinan selanjutnya adala VGA,  coba lepas VGAnya kemudian idupkan lagi, dalam keadaan VGA tiddak terpasang. Kemudian bersikan VGAnya.

apa bila sudah melakukan hal di atas tetapi computer anda belum bisa juga menyala maka computer anda perlu dibawah ke tukang service yang lebih ahli.

Baiklah mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan tentang Cara Mengatasi Komputer Tiba – Tiba mati (Tidak Mau Menyala) semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan dapat menambah wawasan anda. Jangan lupa bagikan artikel ini jikalau anda merasa artikel ini bermanfaat trimah kasih.


SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar