Tips dan Trik Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca Oleh Komputer

 Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca  Komputer

Tips dan Trik Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca Oleh Komputer – Sebelum kita memulai tips dan Trik ini ada baiknya kita membaca bismillahhirrahmanirrohim agar tips dan trik ini bisa berhasil diperaktekkan oleh para pembaca dirumah, pasti anda perna mengalami hardiks eksternalnya anda tidak terdeteksi ke computer setelah sekian lama digunakan, apa kah anda tau penyebabnya?

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat hardiks internal dan eksternal tidak terbaca oleh computer hal ini disebabkan oleh adanya band sector, kerusakan fisik, atau bisa dibilang crash file. Biasanya kalau kerusakan fisik itu bisa terjadi karena hard diks terjatuh atau terbanting. Bisa juga slot SS kabelnya rusak disebabkan karena seringnya buka cabut dengan paksa.  Port usbnya sudah rusak atau yang lebih parah sudah berkarat. IC triggernya tidak berpungsi lagi, tetapi jika terjadi crash file ini biasanya terjadi karena pada saat anda melakukan copy paste data belum selesai tapi sudah dicabut. Bisa juga saat install aplikasi dari hardiks itu ngeheng dan installannya berhenti ditengah jalan, bisa juga disebabkan oleh virus, dan lain sebagainya. Jadi intinya iyalah karena adanya bad sector maka ada suatu skema recording proses yang gagal sehingga tidak tersimpan dengan baik di alamat masing – masing head dari pada hardiks.

Hardisk yang mengalami bad sector adalah ketikah salah satu cluster pada hardiks terbaca rusak. Sector tersebut tidak memberikan respon ketika dibaca oleh hardiks. Pada umumya Bad sector inipun  tidak hanya terjadi pada hard diks tradisional dengan piringan magnetic yang bisa berbunyi tit,tit,tit, itu pasti anda perna mendengar bunyi seperti itu. Tetapi juga bisa mengenai drive bertipe SSD.

Namun ada tidak perlu kawatir karena hard diks anda bisa terbaca kembali dengan cara yang mudah. Namun perlu diingat teman –teman semuanya para bembaca yang setia bahwa menurut rekomendasi saya silahakan baca artikel ini dari awal sampai habis agar tidak terjadi kesalapahaman diantara kita. Mengenai urutan  - urutan solusi yang saya berikan.

Jenis dan macam – macam bad sectors


Bad sector pada hardiks pada umunya terbagi menjadi dua , yang pertama bad sector secara fisik, sehingga bad sector yang satu ini tidak bisa lagi diperbaiki, dan yang kedua bad sector logical yang masih bisa di utak atik agar bisa dipakai kembali.

Perbedaan dari setiap jenis bad sector



Yang pertama Bad sector fisik terjadi karena memang secara fisik beberapa cluster di hard diks telah rusak, bisa dikarenakan oleh debu, ous, atau memang hard diks tersebut mengalami kerusakan disisi yang lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada cluster pada piringan magnetic pada hardiks. Kerusakan sector hardisk seperti ini tidak bisa lagi diperbaiki, jalan satu – satunya iyalah LEM BIRU (lempar belik baru ), hahaha

Yang kedua Logical bad sector hal ini bisa terjadi ketika suatu cluster di dalam hard disk tersebut terlihat seperti tidak bisa digunakan karena ketika dibaca oleh operating system  terjadi error yang tidak sesui dengan isi sector pada hard diks tersebut.  Hal ini diartikan  suatu kekeliruan oelh OS, biasanya setor yang error tersebut akan ditandai oleh bad sector. Kalau bab sector yang satu ini kita masih bisa berharap menyelamatkan had diks kita.

Tips dan Trik Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca Oleh Komputer


Memperbaiki Hard Disk Dengan Check Disk


1. Apa bila ada muncul kotak dialog yang mengindikasikan bahwa drive anda itu perlu diformat, klik “no” ingat sangat krusial, jikalau anda terlanjur menekan Yes , maka yang terjadi selesailah sudah data yang ada di hardiks anda akan hilang semua. Nantinya akan lebih sulit lagi, dan apabila pun berhasil mengembalikannya , data anda akan banyak yang  gagal atau corrupt.

2. Klik “ Start” pilih my Computer, disana akan muncul hardisk yang baru anda colokan tadi, lalu klik kanan pada drive tersebut, lalu pilih properties. Jikalau ternyata tidak terbaca atau tidak muncul hard diks anda, maka anda harus lompat ke langkah ke 5.

3. Ok, setelah itu akan muncul jendela windows yang  menampilkan propertiesnya, klik pada tab tools.

4. Lalu pilih “check Now’ dibawah “ error Checking’  untuk memulai melakukan pemeriksaan error pada hard diks anda. Kemudian centeng pada windows Pop-up yang berikan pertannyaan apakah kamu mau windows membetulkan error yang ditemukan,  kemudian centang juga  pada kotak yang berisi “Scan for hard disk tidak terbaca dan pelu di frmat , Klik No.

5. Kalau semua langakah sudah di jalankan namun tetap gagal juga, ada arternatip lain yaitu menggunakan Command Prompt. Klik Start > Run > CMD.


6. Kemudian ketikkan mana derive anda yang rusak tadi dengan menambahkan tanda titik dua. Misalnya hard diks yang rusak tadi ada di G maka ketikkan ‘ G: “ lalu tekan enter. Karena hard diks itu rusak biasanya akan muncul peringatan ‘ The System Connot Find the Drivve Dpecified.’

7. Kemudian yang terakhir, iyalah bagian langkah kuncinya, ketikkan ‘chkdsk’ dikommand prompt, tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Proses tersebut bisa lama bisa cepat tergantung berapa bayak data yang tersimpan di hard diks tersebut. Apa bila errornya ditemukan maka windows akan menawarkan pilihan untuk memperbaikinya, lalu pilih ‘Y’

8. Selesai

Memperbaiki Harddiks dengan Update Driver


Caranya:

Anda masuk ke Device Manager, Klik Start > lalu klik kanan pada bagian computer lalu pilih properties, 

Pada bagian disk drive terdapat 2 buah harddisk yang satu iyalah digunakan dan yang satu lagi harddiks eksternal kita. Pada bagian  merk hard diks ekternal tersebut. Klik kanan dan pilih “ Uninstall”

Setelah selesai uninstall drivernya silakan cabut hard drive anda lalu colokan kembali ke computer atau laptop.

Kemudian setelah ditancapkan tunggu sebentar hingga proses pembacaan driver dfault selesai, lalu lakukan seperti langkah di atas tadi kemudian klik Update Driver bukan uninstallya.

Setelah selesai update maka hard drive anda seharusnya sudah bisa digunakan kembali.

Demikianlah artikel singkat tentang Tips dan Trik Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca Oleh Komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman – teman para pembaca yang setia, jangan lupa bagikan artikel ini apa bila anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa berikan komentar dan saran anda di kolom komentar dibawah ini,  Trimahkasih.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar