4 Perintah Command Prompt Yang Wajib Kamu Ketahui

4 Perintah Command Prompt Yang Wajib Kamu Ketahui -- Mungkin banyak diantara anda yang tidak mengetahui betapa sangat bergunanya Command Promdt. Di Command Promdt anda dapat mengetikkan printah – ptrintah windows yang sangat berguna. Beberapa tools yang tidak memiliki tampilan grafis seperti halnya command promdt.  Akan berjalan lebih cepat dari pada tools yang menggunakan tampilan grafis. Kali ini saya akan memberikan anda sedikit pengetahuan , 4 Printah windows yang menurut saya sangat berguna bagi pengguna computer maupun laptop.

4 Perintah Command Prompt Yang Wajib Kamu Ketahui


1. Ipconfig

Mungkin printah yang satu ini sudah sering kamu dengar tapi mungkin ada diantara anda yang belum perna mendengarnya, Printah ipconfig digunakan untuk melihat detail jaringan yang kamu gunakan, seperti ip address, mac address dan masih banyak lagi. Mungkin biasanya anda melihat ip address dari control panel dengan melalui beberapa langkah yang sangat panjang. Tapi tidak dengan ipconfig anda akan mengetahui ip address anda dengan hitungan detik saja.

 Perintah Command Prompt Yang Wajib Kamu Ketahui

2. Ping, tracert alamat situs atau ip address

Apa bila anda ingin memeriksa sebuah situs atau computer jaringan, anda bisa menggunakan perintah ping yang disertai dengan alamat sutus atau ip address yang ingin anda lihat. Jika ping yang anda lakukan berjalan dengan lancar, bisa dikatan situs atau ip address tersebut tidak mengalami masalah, namun sebaliknya, jika kamu menemukan time out, di ping yang anda lakukan tadi, maka dapat dipastikan situs atau ip address yang anda ping tadi bermasalah. Saya berikan contoh apa bila anda ingin membuka atau mengakses facebook, namun halaman fbnya tidak kunjung terbuka maka anda bisa memeriksanya dengan cara pingfacebook.com. jika time out berate facebook sedang mengalami masalah.

4 Perintah Command Prompt Yang Wajib Kamu Ketahui

3. Netstat –an


Printah yang satu ini juga sangat berguna untuk menampilkan berbagai macam network statistik. Walaupun Perintah netstat memiliki variasi yang banyak yang dapat anda gunakan juga, salah satunya yang berguna yang dapat anda gunakan  iyalah netstat –an yang menampilkan daftar network yang terbuka pada jaringan computer yang anda miliki.

Perintah Command Prompt Yang Wajib Kamu Ketahui

4. Powercfg –energy

Apa bila kamu menggunakan laptop atau device yang menggunakan batterai , perintah powercfg –energy adalah perintah yang cukup penting untuk kamu ingat. Karena printah ini digunakan untuk melihat aplikasi atau apapun yang menyebabkan batterai laptop anda cepat habis dan anda juga bisa melihat permasalahan lainya.

Perintah Command Prompt Yang Wajib Kamu Ketahui

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang 4 Perintah Command Prompt Yang Wajib Kamu Ketahui, semoga artikel singkat ini dapat menambah wawasan anda tetang ilmu komputer, jangan lupa bagikan artikel ini apa bila anda merasa artile ini bermanfaat dan jangan lupa pula berikan komentar dan saran anda . Trimahkasih.
SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar