Tips dan Trik Cara Membuat Jaringan LAN Dengan Mudah

Tips dan Trik Cara Membuat Jaringan LAN Dengan Mudah – Jaringan LAN merupakan Jaringan Lokal yang digunakan untuk area yang terbatas seperti rumah, sekolah maupun kantor. jaringan lan sendiri tidak begitu silit dibuat karena hanya membutuhkan beberapa peralatan dan settingan.  Kali ini saya akan mencoba memberikan tips singkat cara membuat jaringan lan sendiri pada windows 7.

Tips dan Trik Cara Membuat Jaringan LAN Dengan Mudah


Alat – Alat Untuk Membangun Sebuah Jaringan LAN.


1. Router

Rauter bisa dibilang sebuah jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam kasus ini , router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan lan. Baca Juga : Tips dan Trik Cara Memperbaiki Baterai Yang Rusak "Plugged In Not Charging"

2. Switch

Sedangkan switch berfungsi utnuk  menghubungkan masing – masing computer pada sebuah jaringan.

3. Ethernet Card

Sebuah adapter untuk memasang atau mencolokkan kabel Ethernet sehingga computer bisa terhubung menuju jaringan. Biasanya , pada computer – computer terbaru, kartu ini telah disematkan secara onboard sehingga anda tidak perlu untuk membelinya lagi.

4. Ethernet Cable

Ethernet Cable adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan computer ke router atau bisa juga computer satu dengan computer lainnya. Pada ujung pada kabel ini diberikan sebuah konektor yang disebut dengan RJ-45. RJ-45 sendiri memiliki 2 settingan yaitu strainght dan cross. Straight digunakan untuk menghubungkan computer ke router sedangkan corss digunakan untuk menghubungkan computer langsung ke computer.

5. Modem

Jika anda ingin menghubungkan sebuah jaringan ke internet. Maka anda juga membutuhkan sebuah modem, jika anda tidak memiliki sebuah modem maka bagai mana cara anda untuk terhubung dengan internet. Baca Juga : Tips dan Trik Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat Disebabkan Oleh Hard Disk

6. Crimping tool

Crimpung tool merupakan alat yang digunakan untuk menyambungkan RJ – 45 dengan kabel Ethernet.

7. LAN tester

LAN tester adalah alat yang digunakan untuk testing kabel LAN yang telah anda pasang apakah lan yang anda pasang terlah berpungsi dengan baik dan benar atau masih ada kesalahan dalam pemasangan kabel pada RJ – 45. Alat ini sangat membantu pekerjaan ada terlebih kabel lan yang dipasang panjang dan bahkan sampai berbeda ruangan alat ini sangat membantu. Sebelum anda menyiapkan alat – alat yang saya sebutkan diatas saya menyerankan anda  untuk melakukan beberapa perencanaan terlebih dahulu antara lain. Yang pertama jumlah computer yang akan anda gunakan, kemudian luas area yang akan anda gunakan, hal ini sangat penting karena dengan melakukan hal ini anda bisa membuat rancangan kabel  dengan efektif sehingga bisa menghemat biaya yang anda butuhkan. 

Ini adalah  gambaran model yang akan kita pakai untuk membangun sebuah jaringan LAN 

 Cara Membuat Jaringan LAN Dengan Mudah


1. Internet 
2. Modem sekaligus router yang menghubungkan computer server ke internet.
3. Computer server
4. Switch

Setelah anda telah memasang semua hardware, sekarang anda tinggal setting software.  Settingan ini meliputi intalasi OS, setting Network connection, konfigurasi TCP/IP address, yang terakhir anda tinggal menguji coba jaringan yang anda pasang.

Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan tentang Tips dan Trik Cara Membuat Jaringan LAN Dengan Mudah semoga artikel ini bisa membantu anda dan bisa menambah wawasan ada tentang computer , bagikan artikel ini apa bila anda merasa artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa pula berikan komentar dan saran anda dikolom komentar dibawah ini. Terimahkasih.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar