Cara Mudah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

 Cara Mudah  Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Apakah anda sedang mencari peluang bisnis atau usaha yang bisa dikerjakan lewat internet?

Apakah anda juga sedang Menghayal atau berpikir untuk mencari cara memulai bisnis online dan anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan disamping perkejaan ada sekarang.

Atau memang anda benar – benar ingin focus menjalankan bisnis online sebagai sarana utama untuk mendapatkan suber penghasilan utama anda?

Anda tidak perlu kawatir karena anda tidak sendirian …


Banyak sekali orang diluar sana yang saat ini sedang melakukan hal yang serupa termasuk juga dengan saya.

Hebatnya internet saat ini memunculkan dunia virtual, ternya hal ini mampu mendorong kita untuk membangun bisnis dengan cepat dan tentunya dapat dijadikan sumber penghasilan utama.
Oleh sebab itu saya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang bagai mana cara untuk memulai usaha melalui internet. Lewat tips dan langkah – langkah memulai bisnis online bagi pemula. Sebenarnya hal yang paling inti atau bisa dibilang paling penting anda  lakukan agar usaha anda bisa langsung berjalan.

Catatan


Bagi anda yang masih baru memulai bisnis online, tapi sebelum kita membahas lebih lanjut ada baiknya kita coba defenisikan dulu apa tiu bisnis online.

Menurut saya. Bisnis apapun yang dijalankan melalui internet atau secara online itu sudah bisa dikatakan BISNIS ONLINE , jadi arti bisnis online itu sendiri sebenarnya sangatlah luas.

Apa bila anda sudah memiliki bisnis yang dijalankan secara ofline seperti buka toko baju, toko mainan, buka warung makan atau apala itu. Kemudian anda muali menjual barang anda itu melalui internet , menurut saya itu sudah bisa dikatakan Bisnis Online.

Bagi anda Para Pemula


Saya masih ingat sekali, waktu pertama kali saya ingin memulai bisnis online , segala sesuatu tampak seperti absurd dan banyak keraguan. 

Kemudian mualailah muncul berbagai pertanyaan didalam hati saya yang selalu menghantui hidup ku kata itu pertanyaanya ialah:

1. Bisa atau tidak ya saya berbisnis online?
2. Kalau bisnis online apa yang mau dijual?
3. Gimana ya cara memuali bisnis online?
4. Kira – berapa modal yang dibutuhkan ? 

Dan masih banyak lagi.

Hal ini yang selalu membuat saya mau tak mau selalu memegang kepala saking peningnya.

Walaupun tidak ada penjelasan yang pasti tentang langkah – langkah yang harus dilakukan, namun menurut saya ada 5 hal penting yang harus anda lakukan atau bisa dibilang anda persiapkan untuk alat tempur.

Kira – kira apa saja ya, Tik, tak,tik,tuk ….tik,tak ,tik,tuk… ?


Berikut ini adalah langkah – langkah yang wajib ada miliki untuk memulai bisnis Online kususnya bagi pemula.

1. Lurus dan tegakkan niat, memiliki mindset bisnis yang benar
2. Pilih dan putuskan apa yang ingin anda jual.
3. Buatlah website jualan ataupun toko online.
4. Promosikan website jualan online anda.
5. Bergabunglah dengan Komunitas yang positif.

Mau lebih jelas baca terus sampek abis.


Memiliki Mindset Bisnis Yang Benar


 Cara Mudah  Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Kalimat ini mungkin sering kali anda dengar, namun ingat yang akan anda lakukan iyalah membangun bisnis online sehingga dapat memiliki mindset bisnis yang benar, sikap dan mental yang positif sangat penting, yang lebih penting lagi jangan mudah menyerah dan putus asa.

Sebenarnya sama seperti bisnis lainya duluarsana, ketika anda memutuskan untuk membangun bisnis online tentunya ada beberapa yang  harus anda perhatikan seperti:

Modal
Produk yang akan anda jual
Target pasar
Strategi pemasaran
Tren bisnis

Apa bila anda belum memikirkan hal – hal  diatas maka perbaiki terlebih dahulu mindset anda tentang bisnis online.

Factor yang sangat menentukan kesuksesan suatu bisnis 95 % itu ditentukan oleh kualitas pribadi manusia itu sendiri.

Saya berikan contoh 


Anda mempunyai keahlian misalnnya anda mempu membuat suatu website yang canggih dengan berbagai fitur dan tampilan yang sangat keren dan bisa saja anda memiliki keterampilan dibidang lain.

Tapi ingat jika anda tidak memiliki visi terhadap kemampuan yang anda miliki, tidak memiliki semangat untuk belajar dan bertahan dalam berbagai macam cobaan yang melanda, yaaa sama saja bisnis anda akan susah berkembang lebih cocok dibilang jalan ditempat. 


Mulailah dengan Jualan


 Cara Mudah  Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Dilangkah kedua ini ada harus putuskan apa yang harus anda jual.
Sebelum anda benar – benar menjalani suatu bisnis anda harus berlatih dan belajar menjual barang lewat internet.


JUALAN…. JUALAN… .JUALAN SEMANGAT… SEMANGAT


Anda harus memikirkan, kira – kira apa yang mau anda jual keorang lain lewat internet.
Untuk hal ini anda tidak perlu kawatir karena saya ada sedikit BUMBU mau tau BUMBUNya Cakedot.:

Cari dan amati apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat disekitar anda, dan carilah apa  yang dibutuhkan oleh orang – orang disekitar anda. Kali ini anda akan dituntut untuk menjadi seorang detektif.

Anda adalah masalah anda adalah pemberi solusi dari permasalahan orang lain.

Anda bisa Tukarkan manfaat yang bisa anda berikan kepada orang – orang disekitar anda , menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.

Anda harus lebih hati – hari ditahapan 2 ini karena kebanyakan orang gagal diluarsana karena orang tersebut salah langkah ditahapan ini. Kebanyakan dari mereka terlalu pokus terhadap produknya terlebih dahulu. Bukan kepada kebutuhan orang – orang , hal inilah menyebabkan mereka tumbang, mereka kalah, mereka menyerah bahkan sebelum mencapai penjualan pertama mereka.

INI PENTING


Saran saya sebelum anda memutuskan untuk menjual suatu barang, lakukanlah riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk – produk yang cepat laku dan perputarannya cepat yang artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.


Buatlah Website Jualan Atau Toko Online


 Cara Mudah  Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Ditahapan ketiga ini iyalah membuat website jualan maupun toko online, atau bisa juga disebut lapak online.

Nantinya website ini kita gunakan sebagai tempat berjualan online dan berpromosi di internet.

Kalau kita kembali ke langkah sebelumnya, kita kan harus menentukan barang atau produk apa yang akan kita jual, nah, apakah anda sudah menentukan produk yang akan anda jual, kalau sudah selanjutnya kita harus mempromosikan dan menjualnya agar orang lain tau. Dan kita butuh tempat untuk melakukan semua itu.

Karena kita ingin memanfaatkan media internet atau bisa dibilang berjualan via online, maka ada tahapan atau langkah – langkah yang harus dilakukan untuk berjualan online antara lain.

Pada tahap awal, anda harus mencoba jualan lewat pasar online (situs marketplace) seperti bukalapak, Tokopedia, OlXdll.dan bisa juga menggunakan aplikasi chat seperti situs media social, facebook, BBM, Twiter, LINE, WhatsApp, Telegram, dll. Terlebih dahulu.
Apa bila anda ingin lebih serius untuk menjalankan bisnis online, ada bisa mulai membuat website sendiri.

Mengapa saya sarankan menggunakan situs (marketplace) dan situs media social, karena untuk membuat akun disitus – situs tersebut gratis dan bisa langsung kita manfaatkan untuk promosi barang yang akan kita jual tanpa harus membaut situs websitenya.

Sedangkan membuat website sendiri, tujuannya iyalah website yang kita buat ini akan kita jadikan lapak online atau bisa dibilang workshop resmi kita didunia maya.

Adapun keuntungan kalau kita sudah memiliki website sendiri, nanti kedepannya bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika hendak menyebar promosi online lewat social media. Forum marketplace ataupun situs jualan lainnya.

Promosikan Online


Setelah website anda jadi, anda bisa mengisinya dengan informasi produk/jasa yang anda miliki, isilah website anda dengan konten yang meyakinkan orang lain.
Ingat jangan asal copy paste.

Gunakanlah kata – kata yang pantas untuk ditampilkan di website anda,, karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online anda.

Sedangkan untuk materi konten websitenya , tampilkan dengan sipel saja dahulu dan harus memuat informasi sebagai berikut.

Profil Usaha.
Galeri Gambar Produk/jasa Serta keterangannya
Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi anda.
Cara pemesanan dan form ordernya.

Promosikan…


Kalau konten suda ada, selanjutnya tinggal mempromosikan website bisnis anda, tujuannya iyalah agar anda mendapatkan kunjungan / trafik ke website anda.

Yang paling umum digunakan untuk mempromosikan situs website iyalah menggunakan situs media social seperti facebook, Twitter, Instagram, dan situs media social lainya.

Bergabung Dengan Komunitas Yang Positif


 Cara Mudah  Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Bagi anda yang ingin belajar bisnis onle dengan serius, saya sarankan agar anda bergabung dengna komunitas yang positif ini akan mendukung prosees belajar anda supaya lebih kondusif dan terarah.

Karena semangkin sering anda bertemu atau berkomunikasi dengan orang yang positif anda juga akan menjadi orang yang positif pula, yang pastinya anda akan menemukan barbagai peluang dan dukungan untuk saling support, berbagi semangat dan ilmu ini sangat penting yang harus anda miliki untuk melangkah maju. Jangan pantang menyerah terus berusaha, karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, teruslah belajar dari kegagalan karena kegagalan itu sendiri mempunyai sebab kenapa kegagalan itu terjadi. 

Penting


Kalau anda mengalami kegagalan yang perlu anda perhatikan adalah penyebab kegagalan tersebut bukan dampak dari kegagalan tersebut. Ini akan membantu anda belajar dari kegagalan. 
Trimakasih.


SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar