Tips dan Trik Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet

Pada kesempatan hari ini saya akan mencoba berbagi Tips dan Trik Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet. Karena pada postingan saya sebelumnya saya membahas Tips dan Trik Ampuh Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak “ Plugged In, Not Charging “ Kurang lengkap rasanya kalau saya tidak membahas tentang cara merawat baterai laptop agar lebih awet, hal ini bertujuan agar bisa memperkecil dampak kerusakan pada  baterai laptop, setidaknya mencegah lebih baik dari pada mengobati. Langsung saja kita masuk dalam pembahasan yang pertama iyalah.

Tips dan Trik Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet


1. Jangan Charger Dalam Jangka Waktu  Yang Lama Hingga Baterai Kepenuhan Saat Laptop Dalam Keadaan Mati.


Dengan melakukan charging baterai laptop kepenuhan terbukti bisa menyebabkan daya tahan baterai laptop bisa berkurang. Karena secara teknis apa bila kita mencarging dengan waktu yang lama maka yang terjadi adalah baterai laptop akan menjadi kepanasan dan bisa merusak komponen didalamnya. Salah satu yang sering kita lakukan adalah kita mencarging laptop kita kemudian kita tinggal tidur dan keesokan harinya setelah kita bangun led baterai laptop sudah menandakan penuh. walaupun memang sepertinya tampak biasa – biasa saja dan tidak terjadi apa – apa , tapi dampaknya akan menjadi luar biasa dikemudian hari apa bila kita sering melakukan hal ini.

2. Jangan Lepaskan Baterai Laptop Ketika Akan Dihidupkan


Karena dengan menghubungkan laptop dengan Mode AC tanpa baterai atau langsung terhubung ke listrik melalui charge bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada motherboard dikarenakan keadaan arus listrik yang kurang stabil atau bisa juga apa bila listrik mati mendadak. Jika hal ini terjadi bisa menyebabkan kerusakan pada modtherboard, maka dengan terjadinya hal ini kerusakan pada laptop secara keseluruhan. Memang dengan melakukan hal ini kita bisa menghemat baterai.

Baca Juga : Tips dan Trik Cara Menghapus Virus Malware Di Komputer Atau Laptop


Ya karena memang baterai tidak dipakai, ya pasti baterainya awet karena tidak dipakai. Tapi anda lebih memilih baterai laptop anda yang awet apa  laptonya yang awet? Tik tak tik tuk, maka pesan saya jangan perna lakukan hal ini apa bila anda ingin laptop anda tetap awet.

3. Membersihkan Logam Kontak Baterai Laptop Secara Rutin


Untuk membuat baterai laptop awet anda juga harus membersihkan logam kontak atau logam penghunung baterai laptop secara rutin, hal ini akan membaut kontak catu daya bateri laptop akan lebih maksimal dan efesien dan tidak terhambat. Anda bisa menggunakan kain bersih untuk membersihkannya dan gunakan alcohol untuk membersihkan logam kontak baterai laptop.

4. Lepaskanlah Baterai Laptop Jika Laptop Tidak Digunakan Dalam Jangka Waktu Yang Cukup Lama


Hal ini tidak kalah penting jika anda tidak menggunakan laptop atau netbook anda dalam waktu yang cukup lama  lebih satu hari bahkan 1 minggu dan yang lebih eksterim lagi berbulan-bulan lamanya. Maka alangkah baiknya jika anda melepaskan baterai laptopnya. Bisa dibilang ini hal wajib yang harus dilakukan, karena apa bila anda tidak melepaskan baterai laptop maka akan menyebabkan terjadinya pemuaian atau karatan , menjamur pada bagian logam kontak baterai yang terhubung ke laptop atau netbook anda. Dan hal ini bisa menyebabkan daya baterai latop tidak bisa terisi dan tersalur pada laptop dengan baik dan sempurna yang disebabkan oleh adanya hambatan karatan dan jamur pada logam baterai.


5. Pastikan Bahwa ada Udara Yang Bebas Mengalir dan Bersikulasi Dengan Baik Melalui Laptop


Karena laptop cenderung terasa lebih lambat ketika system pendingin laptop tidak memadai. Hal ini biasanya ditandai dengan suara brisik pada kipas pada laptop. Apa bila kipas bekerja dan berputar secara berlebihan maka akan menyebabkan laptop menjadi panas dan baterai laptop juga dapat dipastikan lebih cepat terkuras atau habis. Jadi pastikan bahwa fungsi kipas pendingin  berkerja dengan semestinya , benar dan normal. Saran saya anda bisa menggunakan Cooling Pad atau kipas di bawah laptop anda sebagai tambahan system pendingin laptop anda.

Baca Juga : Tips dan Trik Cara Ampuh Perbaiki Hard Disk Rusak Atau Bad Saktor


Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan tentang  Tips dan Trik Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman – teman sekalian, jangan lupa bagikan artikel ini apa bila anda merasa artikel ini bermanfaat , dan jangan lupa pula berikan saran dan komentar ada dikolom komentar dibawah ini. Terimahkasih.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar