Merubah Monitor PC menjadi TV

Merubah Monitor PC menjadi TV

Merubah Monitor PC Menjadi TV – Sedangkan televise secara umum telah dikaitkan dengan menontoh siaran dan monitor PC telah diproduk untuk memberikan output visual pada computer. Jadi diantara kedua tampulan ini, Sekarang TV datang dengan fitur  built in konektivitas,  yang memungkinkan untuk dihubungkan dengan computer. 

Kalai ini saya akan menjelaskan bagai mana cara merubah monitor PC menjadi TV , adapun beberapa tahapan yang harus ada lakukan. 

1. Karena monitor PC umumnya memiliki umur yang lebih panjang dari pada TV, oleh karena hal itu banyak orang membiarkan monitor tua atau cadangan dibiyarkan terletak disekitar rumah atau disimpan dalam waktu lama. Dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini , anda dapat merubah monitor terebut menjadi TV dan menggunakan kabel jaringan.

2. Yang pertama kali anda harus memeriksa keadaan monitor anda apakah dalam keadaan baik – baik saja /tidak rusak, hal ini dilakukan agar dapat dengan mudah menghubungkan monitor ke sebuah  soket listrik dan menyalakannya, semua monitor memiliki semaca LED untuk mengindikasikan ketika diaktifkan, dan ada kasus beberapa hanya menunjukan layar kosong.

3. Apa bila layar monitor anda dalam keadaan bekerja dengan baik, anda perlu membeli perangkat tambahan yaitu kotak TV Tuner. Anda bisa mendapatkan kotak TV Tuner tesebut dari toko ritel online besar seperti bukalapak, lazada,dll. Dan anda juga bisa membelinya dari toko computer elektornik terdekat di kota anda, pastikan anda memeriksa terlebih dahulu konektor moniter anda sebelum membeli TV Tuner agar compatible.

4. Setelah anda membeli Kotak TV Tuner , ada bisa mulai menghubungkan segalanya untuk bekerja, yang perlu anda ingat, dalam hal ini  anda sedang tidak menghubungkan computer dan hanya akan menghubungkan  monitor.

5. Semua TV Tuner dilengkapi dengan sebuah buku panduan manual yang menunjukkan bagaimana anda bisa menghubungkannya. Anda hanya perlu menghubungkan input video monitor dengan output TV Tuner. Setelah itu anda perlu mencolokan adapter Tuner dan kawat kabel(dari adaptor kabel anda) kedalam kontak TV Tuner.

6. Setelah itu anda perlu menghubungkan kedua tuner dan monitor dengan koneksi listrik utama dan hidupkan keduanya anda juga harus memiliki sebuah remote control untuk TV Tuner. Yang dapat anda gunakan untuk membuka menu tuning, apa bila semuanya telah terhubung dengan benar, konfigurasi atau tombol menu pada remote harus membawa menu visual pada layar monitor.

7. Yang terakhir anda cukup menggunakan opsi auto-tune sekarang, sehingga TV Tuner dapat menangkap semua saluran yang tersedia di jaringan TV kabel anda, tunggu sampai proses pencarian saluran TV kabelnya selesai , sambil menunggu proses tersebut selesai anda bisa sambil duduk dan minum secangkir kopi sampil menghisap sebatang rokok. Setelah selesai anda tinggal menikmati menonton TV di monitor PC anda. 


NB. 


Mungkin bagi yang sudah menggunakan  TV Tuner tentunya sudah tau jenis TV Tuner. Antara lain.

Menggunakan adaptor sendiri
Tidak dapat deprogram dan ditonton di layar windows atau sejenis OS lainya.
Harus digunakan bergantian dengan PC, maksudnya tidak bisa sekaligus menjalankan os dan menonton tv , harus bergantian, kalau mau menjalankan os ya jangan nonton TV kalau mau nonton TV ya jangan Menjalankan os. Gitu lo, pahamkan.
Tidak bisa merekam tayangannya.

Yang tidak Kalah Penting:


Pastikan TV Tuner Anda :
Pastikan Memiliki Input RCA atau HDMI
Pastikan Memiliki Input S – Video (include RCA = Video – Audio)
Pastikan Memiliki Input Antena Analog dan DC (wajib)

Sedangkan Untuk Keluarannya :

Pastikan memiliki Output RCA (Video – Audio) atau HDMI (jika ada)
Pastikan memiliki Output VGA (wajib)
Pastikan memiliki Output Audio

Demikian yang dapat saya terangkan tentang Merubah Monitor PC menjadi TV, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi teman – teman sekalian, jangan lupa bagikan artikel ini apa bila anda merasa artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa pula berikan komentar dan saran anda demi untuk memperbaiki kesalahan dalam penulisan artikel berikutnya. Saya admin gudangilmukomputer.net mengucapkan banyak terimahkasih atas partisipasinya. Wasalam.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar