Tips dan Trik Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Pada Bios

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Pada Bios

Gudang Ilmu Komputer : Tips dan Trik Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Pada Bios. Kali ini saya akan berbagi pengalaman yang sangat unik menurut saya yaitu mengenai flashdisk yang tidak terdeteksi oleh bios saat akan melakukan instalasi OS (Install Ulang) Menggunakan flashdisk. Sebenarnya hal ini sangat sepele tapi cukup membuat saya bingung dibuatnya. Padahal saya sering sekali menginstal OS di laptop orang lain dan permasalahnya jarang sekali ditemukan, namun saat saya mengintal laptop teman istri saya ini bermerek Samsung , berbagai cara sudah saya lakukan bias dibilang semua jurus sudah dipakai, seperti menggunakan software rufus, universal usb installer, sampai mengganti beberapa system operasi tapi apa hasilnya tetap nihil, tetap saja flashdisknya tidak terbaca pada bios.


Walaupun sepata pusing bukan kepalang namun saya tidak mudah menyerah begitu saja saya terus melakukan percobaan tahap demi tahap dan akhirnya saya menemukan solusinya yaitu pada pengaturan biosnya dengan memilih disable pada Fast Boot Mode. Disana tertulis  “ Enabled” meand POST time is reduced. “disabled” means POST time is not reduced Legency USB is supported. Pada sudut kanan layar monitor. Bias anda artikan sendiri menggunakan google translitenya, karena saya juga melakukan hal yang sama, yang intinya Fast Boot Mode diaktifkan maka proses booting akan berlangsung secara cepat yang menimbulkan beberapa proses yang dihilangkan atau dikurangi sedangkan apa bila Fast Boot Mode di nonaktifkan maka proses booting akan berlangsung dengan normal (walaupun sedikit memakan waktu yang agak lama)


Ada beberapa tahapan – tahapan yang harus anda lakukan agar BIOS bias mendeteksi USB dengan cara mendesablekan fast boot mode.



1. Yang pertama anda harus booting terlebih dahulu dengan menekan tombol untuk masuk kebios biasanya tobol F2 dan F12,  atau juga bisa menggunakan tombol yang lain karena berbeda merek laptop tombolnya terkadang juga berbeda, namun pada umumnya  tombol F12.

2. Kemudian pilihlah menu Advanced.

3. Lalu ubah Fast BIOS mode dari Enabled menjadi Disabled.

4. Kemudian simpanlah pengaturan tersebut dengan menekan tombol F10 kemudian tekan Enter.

Setelah anda berhasil menyimpan pengaturan tadi, silakan anda setting pada Boot Priority, ubalah urutan USB Flashdisk menjadi urutan paling atas, atau pertama kali agar anda bisa booting  menggunakan Flashdisk. Setelah anda melakukan pengaturan Fast Boot di Bios, treeng USB Flashdisk anda sudah terdeteksi oleh bios, saatnya install ulang OSnya, sambil munum secangkir kopi. Sembari menunggu installan selesai. 


Mungikin ini saja artikel singkat mengenai Tips dan Trik Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Pada Bios, semoga artikel ini bisa membantu permasalan anda. Jangan lupa berikan saran dan komentar anda dikolom komentar dibawah ini terimakasih.



SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar