Tips dan Trik Cara Mengatasi Komputer Lambat Disebabkan Oleh Hard Diks

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua , semoga pagi hari ini kita di berikan kesehatan dan rejeki yang banyak amin, Berjumpa lagi bersama saya admin Gudang ilmu computer, kali ini saya akan Mencoba membahas tentang Tips dan Trik Cara Mengatasi Komputer Lambat Disebabkan Oleh Hard Diks. Mungkin anda perna mengalami ini computer yang awalnya berjalan dengan normal, setelah di pakai beberapa minggu ternyata kecepatanya menjadi melambat alias lemot. 

1. Hard disk yang penuh bisa menyebabkan computer anda menjadi lambat, ada beberapa langkah untuk menyelesaikan masalah ini.

a. Yang perlu ada lakukan pertama kali adalah periksa kapasitas hard disk anda apakah basih banyak ruang atau mala sudah hamper penuh.

Untuk memeriksa sumua drive yang ada di hard disk ada bisa likuta langkah – langakah berikut ini.

Yang pertama kali adalah buka Control Panel --> Administrative Tool -->Klik Computer Managament.




Pada jendela Computer Management yang telah terbuka lalu pilih Storage --> Pilih Disk Management. 


Ditampilan ini semua drive akan terlihat dengan jelas berapa kapasitas yang masih kosong dan berapa yang sudah digunakan.  Jika kapasitas hardisk anda sudah mulai penuh maka yang ada perlu lakukan.

2. Apa bila kapasitas hard disk sudah mulai penuh maka anda perlu membersihkan hard disk (disk cleanup)  

Adapun cara untuk membersihkan hard disk ini dengan cara sebagai berikut. Masih tetap dari jendela Computer Management --> pilih lah drive yang ingin anda bersihkan lalu klik kanan dan pilih Propertis , agar lebih jelas lihat gamabar dibawah ini.


Setelah muncul Jendela Propertis drive lalu pilih la tab general dan Klik Disk Cleanup. 


Setelah anda Klik Disk Cleanup tunggulah beberapa saat nanti akan muncul tampilan Disk Cleanup. Apa bila sudah muncul tampilannya maka yang perlu anda lakukan adalah mencentang file – file yang tidak diperlukan agar di hapus atau delet oleh system, setelah itu klik OK.  Agar lebih jelas lihat gambar dibawah ini.


Apa bila langkah – langkah di atas telah di lakukan dan hard disk masih penuh, maka anda harus menghapus atau unistal program yang tidak terpakai lagi

b. Penyebab lainya adalah tatanan file pada hard disk tidak teratur hal ini juga bisa menyebabkan computer kita menjadi lambat atau lemot. Untuk mengatasi hal ini anda perlu merapikan susunan hard disk anda, anda bisa lakukan dengan cara berikut.

Petama anda masuk ke Computer Management -->Storage  --> Disk Defragmeter --> PIlih drive yang akan di defrag --> defragment. Agar lebih jelas lihat gambar dibawah ini.


c. Penyebab Yang terakhir adalah error yang terjadi pada hard disk.

Untuk memperbaiki hard disk yang error anda bisa melakukan langkah – langkah berikut. 

Langkah yang pertama adalah klik kanan drive yang ingin ada perbaiki lalu pilih Propertis --> pilih Tab Tool --> Check Now. Lihat gambar dibawah ini. 


Lalu aktipkanlah pilihan seperti gambar dibawah ini


Demikianlah penjelasan tentang Tips dan Trik Cara mengatasi computer Lambat Disebabkan Oleh Hard Disk. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa berikan saran dan komentar anda dibahwah ini ya.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar