Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP Pada MS EXCEL

Adapun cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP Pada MS EXCEL - Fungsi VLOOKUP digunakan utnuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya.

=VLOOKUP (lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP (Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). Sedangkan pungsi  HLOOKUP (lookup_value, tabel_array, raw_index_num) atau bisa juga dibaca = HLOOKUP (nilai kunci, letak table, nomor baris). 

Contoh: Soal VLOOKUP dan HLOOKUP

Bukalah ms. office Excel anda lalu ketikkan soal di bawah ini :



Melihat contoh soal di atas, yang harus anda isikan adalah menhitung gaji pokok, tunjungan, transportasi, total gaji, pajak, gaji bersih dan total.


1. Menghitung Gaji Pokok


Gunakan fungsi vlookup di sel D5. Setelah mengisi data disel D5, copy formula atau drag hingga sel D9. Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya. yaitu, =VLOOKUP (lookup_volue_array, col_index_num).

Yang perlu anda ketahui lookup_volue, diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array adalah range data yang tersusun tegak atau vertikal yang punsinya sebagai tabel bantu yang akan dibaca. col_index_num, nomor urut kolom untuk pembacaan tabel yang dimulai dari kolom paling kiri.

Catatan: karena posisi "table gaji" yang akan dibaca diposisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range proses pengerjaan bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.


2. Menghitung Tunjangan


Untuk menghitung tunjangan gunakan fungsi VLOOKUP di sel E5. Setelah mengisi formula disel E5, copy formula atau drag hingga sel E9 . seperti gambar di bawah ini:.



Baca Juga :Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian , Pembagian di Excel


3. Menghitung Transportrasi


Gunakan fungsi VLOOKUP di sel F5. Setelah mengisi formual di sel F5, copy formula atau drag hingga sel F9. Lihat gambar di bawah ini Untuk hasilnya. :



4. Menghitung Total Gaji.


Untuk menghitung total gaji gunakan fungsi SUM di sel G5, penulisan rumusnya =SUM(D5:F5). Setelah mengisi formula di sel G5, copy formula atau drag hingga sel G9. atau bisa juga langsung menjumlahkannya dei sel G5 menjadi seperti ini, =D5+E5+F5, kemudian copy atau drag kebawah. Lihat gambar dibawah ini :



5. Menghitung Pajak


Untuk menghitung pajak gunakan fungsi HLOOKUP desel H5, cpy formula  atau drag hingga sel H9 seperti gambar dibawah ini.



6. Menghitung Gaji Bersih


Untuk menghitung gaji bersih gunakan fungsi SUM di sel i5 seperti  ini =SUM(G5-H5), copy formula atau drag hingga sel I9. Atau anda juga bisa gunakan perintah =G5-H5, kemudian copy atau drag kebawah sampai sel I9. Seperti gambar dibawah ini: 




7. Menghitung Total

Untuk menghitung total keseluruhan anda bisa menggunakan kode SUM di sel I10, copy formula atau drag ke sampung kanan sampai ke I10. Hasil akhir semua pengerjaan di atas, bisa dilihat seperti di bawah ini.


Seleai.

Baiklah mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan tentang Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP Pada MS EXCEL semoga bermanpaat bagi kita semua. Oh ya buat teman-teman yang ingin memberi saran silahkan saran teman-teman di kolom komentar dibawah ini. :)






SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar